Blogger templates

Minggu, 09 Desember 2012

0 Sekilas Info


Sekian tahun lalu, sekelompok kecil teman-teman JM Purbalingga mendapat wejangan dari Cak Nun untuk mlaku wae (jalan aja terus). Mlaku wae dalam memperjuangkan hidup, kebaikan, dan kesalehan di dalam masyarakat. Dengan kekuatan yang ada, sekecil apapun itu.

Teman-teman ini benar-benar dan bersungguh-sungguh menjalankan nasihat itu. Dan, nasehat itu dijadikannya sebagai spirit dalam berjamaah dan berjam'iyyah. Rupanya teori mlaku wae ini justru membawa mereka pada keterbukaa
n- keterbukaan yang tidak mereka duga sebelumnya. Mereka kemudian ditakdirkan untuk tertaut dan manunggal dg kekuatan- kekuatan sosial yang ada di dalam masyarakat. Semangat mlaku wae ini pun sesungguhnya telah menguakkan banyak ilmu hidup (pribadi maupun sosial) bagi mereka.

Pengajian Budaya di Lapangan Padamara Purbalingga yang dihadiri CNKK adalah satu buah dari 'mlaku wae' ini. Allah memperjalankan CNKK ke tanah Purbalingga yang sejuk. Tentu ada momentum tematik yang menyertainya. Acara ini dihadiri oleh berbagai kelompok masyarakat, NU, Muhammadiyah, Masyarakat Tionghwa, tokoh umat Katolik, dan lain-lain.

Pertama, JM Purbalingga ingin agar kedewasaan berfikir dalam menyikapi keberagaman. Sebagai wujud aktualisasi Islam yang rokhmatan lil 'alamin dapat terjelma di tanah Purbalingga. Kerap dijumpai CNKK, selalu ada "keluhan" mengenai telah merebaknya ekstermisme dan kesempitan di dalam pemahaman keagamaan. Tuduhan bid'ah terhadap beberapa praktik budaya sering kita dengar. Bahkan ada yang mengharamkan wayang.

JM dan GP Anshor ini bergerak di tingkat grass root menghadapi berbagai dinamika dan tantangan di masyarakat. GP Anshor tidak mudah mendapatkan solusi praktis dari level NU yang lebih tinggi dalam upaya mereka menjawab dan menyikapi tantangan yang mereka hadapi di lapangan.
Di tengah situasi seperti itulah mereka menemukan Maiyah yang bagi mereka lebih siap untuk menjadi "kekuatan lelaku" di dalam masyarakat ini.
# Maiyah Purbalingga

0 komentar:

Posting Komentar

Friends Blog

http://heroealahsan.blogspot.com/

LinkWithin